Tugas
Softskill Pengantar Bisnis Informatika
Muhammad Yudistira A.
SEO
(Search Engine Optimization)
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine
Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan
secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik
kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan
mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah
menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman
pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.
Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian
memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan
internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.
Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah
perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini
dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi
perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Ilustrasi
Mengenai Apa Itu SEO
Misalnya Anda memiliki situs web travel umroh dan tour
muslim yang beralamat di www.denahajiumroh.com. Di situs tersebut ada
paket-paket haji, umroh, dan tour muslim untuk tahun 2015 yang Anda pasarkan.
Maka dengan melakukan SEO atau optimisasi mesin pencari yang baik dan benar,
ketika ada yang mencari umroh untuk tahun 2015 atau paket tour muslim yang
tersedia di tahun 2015 (dengan bantuan mesin pencari web misalnya di Google),
situs web Anda akan berada di halaman pertama daftar hasil pencarian mesin
pencari. Semakin baik peringkat di halaman pertama itu, semakin baik.
Setelah situs Anda tersebut sukses di-SEO-kan, berikut
inilah tampilan layar ketika pengguna internet mengetikkan umroh 2015 di mesin
pencari Google.
Jenis-jenis Optimisasi Pada SEO
Setelah
panjang-lebar berteori dengan beberapa ilustrasi di atas, atau sudah ada
beberapa kata kunci (hasil dari proses riset kata kunci) dalam genggaman Anda,
mungkin Anda sekarang punya pertanyaan: “Jadi bagaimana cara terbaik saya untuk
melakukan SEO?”
Secara umum, ada dua jenis optimisasi pada SEO. Yang
pertama adalah Optimisasi Halaman atau Optimisasi Di-Halaman (SEO On-Page) dan
yang kedua adalah Optimisasi Di Luar-Situs (SEO Off-Site).
Namun secara lengkap sebenarnya ada 2 jenis optimisasi
lainnya yang seringkali dipisahkan dari dua jenis optimisasi utama di SEO. Dua
optimisasi lainnya tersebut adalah Optimisasi Domain dan Optimisasi Kata Kunci
dan Lainnya. Bersama-sama Optimisasi Luar-Situs, kedua jenis optimisasi ini
termasuk dalam kategori optimisasi tingkat lanjut.
Berdasarkan informasi di atas, berikut ini pembagian
jenis optimisasi SEO berdasarkan tingkat kesulitannya:
Optimisasi Tingkat Dasar
SEO On-Page
Optimisasi Tingkat Lanjut
SEO Off-Site
SEO Domain
SEO Kata Kunci dan Lainnya
Tujuan Dasar SEO
Tujuan dasar SEO terkait dengan posisi atau
peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau
halaman web Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP). Mohon diingat
bahwa tujuan dasar ini diturunkan dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa
Inggris.
Pencapaian ranking terbaik diupayakan dengan jalan
membuat isi situs web dan halaman-halaman web yang relevan, unik, dan
berkualitas serta dengan meningkatkan popularitas situs dan halaman-halaman web
Anda dengan cara mendapatkan rekomendasi berupa tautan (link) yang berkualitas
juga dari situs-situs web luar yang relavan, unik namun dalam bidang yang sama
(relevan) dengan situs web Anda, berasal dari halaman yang kontekstual, dan
berkualitas.
Tujuan Utama SEO
Sedangkan tujuan SEO yang utama, yang kita bisa lihat dan
tangkap dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Indonesia, adalah terkait
dengan trafik, yaitu berfokus untuk meningkatkan trafik. Dan ini adalah efek
netto atau tujuan yang akan tercapai manakala tujuan dasar SEO (meningkatkan
ranking) sudah tercapai.
Tujuan SEO yang utama adalah berikut ini:
Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs
kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area berwarna merah
pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih
baik lagi menjadi nomor 1 – 3 di SERP).
Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen
Produk atau Jasa Anda
Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung
yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas /
trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari
apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini menciptakan trafik kunjungan
yang berkualitas ke situs Anda).
Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara
Berkesinambungan
Sebagaimana Anda dipahami, dengan riset kata kunci yang
benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapai, maka
ketiga tujuan utama SEO di atas akan mudah segera dicapai.
Nah, setelah Anda mengetahui kelebihan-kelebihan SEO dari
tabel sebelumnya di artikel ini, 1 tujuan dasar SEO, dan 3 tujuan utama SEO,
maka manfaat SEO adalah faktor-faktor positif yang terjadi setelah tercapainya
tujuan-tujuan SEO tersebut: yaitu konversi mikro dan akhirnya konversi makro.
Konversi adalah penerimaan, persetujuan, dukungan, atau
apapun perubahan positif para pengunjung internet terhadap semua elemen-elemen
di situs web Anda, yang pada akhirnya mereka menjadi bagian dari anggota
komunitas, partisipan, atau konsumen Anda.
Konversi Umum
Meningkatnya popularitas dan otoritas situs web Anda
sehingga mudah dijangkau oleh calon audience, pengguna informasi, atau konsumen
produk/jasa yang Anda targetkan.
Meningkatnya otoritas, brand, dan kepercayaan konsumen
atau komunitas terhadap perusahaan, professional, atau personal Anda, sehingga
situs Anda menjadi acuan atau referensi di bidangnya (dengan syarat situs Anda
memiliki isi yang unik, bagus, dan berotoritas / authorized contents).
Konversi Utama
Akibat konversi umum di atas, maka terjadilah konversi
mikro seperti kembalinya pengunjung ke situs Anda, waktu kunjungan yang relatif
lebih lama, dan interaksi lainnya yang menyatakan penilaian positif pengunjung
situs kepada situs web Anda.
Akibat konversi mikro di atas, maka tingkat pencapaian
objektif utama situs web Anda juga akan meningkat. Inilah yang disebut dengan
konversi makro: misalnya meningkatnya transaksi penjualan jika situs Anda
berkategori situs komersial misalnya toko online atau agen perjalanan wisata,
meningkatnya jumlah pengunjung harian jika situs Anda adalah situs berita,
meningkatnya jumlah pelanggan artikel terbaru jika situs Anda adalah situs
produk informasi terkait industri atau bidang tertentu, dan seterusnya.
Konversi dari trafik pengunjung bisa diupayakan dengan
formula konversi (conversion formula) diantaranya dengan menyediakan
komponen-komponen tertentu di situs web Anda seperti form pendaftaran online,
kalimat-kalimat yang mengajak untuk melakukan suatu aksi (call-to-action atau
CTA) atau tombol-tombol seperti “Beli Sekarang” atau “Daftar Sekarang” yang
terkait pemenuhan objektif situs Anda, dan sejenisnya. Bidang ilmu khusus yang
mempelajari bagaimana meningkatkan tingkat konversi adalah conversion rate
optimization (CRO)
Sebagian besar dari kita pasti sudah mengetahui apa itu
#SEO (Search Engine Optimization).
SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan
oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan
visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari,
terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman
pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak
visitor potensial terus menerus secara gratis.
Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman
pencarian Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata
kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada
pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih
banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil
pencarian. Perlu kita perhatikan, yang
saya maksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO
adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic
Search), bukan website yang memasang iklan di Google.
Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis?
Semua bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai
cara dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik
dengan melakukan pemasaran offline maupun melalui #internet marketing. Berikut
ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:
1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website
yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik
juga di mesin pencari, misalnya #Google. Semakin baik posisi halaman website
Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial
akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi
calon customer bisnis Anda.
Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik
potensial? Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda,
apalagi bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang
memberikan visitor bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak
ada gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!
Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik
ketika mereka mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari informasi
bermanfaat untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika mereka
menemukan website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu menampilkan
hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan
menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis
Anda. Trafik potensial ini akan datang terus menerus ke website Anda secara
gratis dan akan membantu meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnis
Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen
untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek
pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin
besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah
bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
Ketika pengguna internet mencari informasi yang
berhubungan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi bermanfaat di
website Anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang
memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website Anda. Semakin banyak
orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga
secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna
internet.
Artikel lain: Mitos Keliru Tentang SEO Yang Sering
Beredar di Kalangan SEOers
3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak
uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk
mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon
customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka. Apa manfaat data kontak ini?
Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi
mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran
promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung
dengan customer setiap saat.
Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin
pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan
tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data
base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email
list customer kita.
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis
Anda, dan menurut saya 3 poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing
orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya
sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi
dengan baik di mesin pencari.
SUMBER :